Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Matematika UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung sukses menyelenggarakan acara tahunan yaitu APOTEMA 2022. Ajang Potensi Matematika atau biasa disebut dengan APOTEMA merupakan kegiatan dalam bidang perlombaan matematika. APOTEMA sendiri terdiri dari dua perlombaan yaitu Olimpiade Matematika yang diikuti oleh jenjang SD, SMP, SMA se-Jawa Timur terbuka, dan lomba karya tulis ilmiah nasional (LKTIN).

           APOTEMA tahun ini diselenggarakan pada bulan Agustus sampai bulan Oktober dengan mengusung tema “Bersinergi Wujudkan Generasi Muda yang Inovatif dan Berdaya Saing dalam Ajang Potensi Matematika”. Dalam waktu tiga bulan tersebut sangat banyak rangkaian acara APOTEMA tersebut.

            Salah satu perlombaan pada APOTEMA adalah lomba karya tulis ilmiah atau biasa disebut LKTI. Lomba karya tulis tingkat nasional ini diikuti oleh siswa jenjang SMA/MA/SMK. Rangkaian kegiatan dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus sampai 1 September 2022 yang merupakan pendaftaran gelombang pertama. Pendaftaran gelombang ke dua dilaksanakan pada tanggal 2 sampai 8 September 2022. Dilanjutkan dengan seleksi abstrak pada tanggal 2 sampai 8 september 2022. Pengumuman lolos seleksi abstrak diumumkan pada tanggal 9 september 2022. Lanjut dengan pengumpulan dan pembayaran fullpaper pada tanggal 10 sampai 24 september 2022. Seleksi fullpaper dilaksanakan pada tanggal 25  september sampai 1 oktober 2022. Selanjutnya pengumuman lolos fullpaper pada tanggal 2 oktober 2022. Peserta yang lolos harus mengirimkan video dan powerpoint presentasi atas hasil karyanya pada tanggal 2 oktober 2022. Video dan presentasi tersebut dinilai pada tanggal 10 sampai 16 oktober 2022, dan lanjut dengan acara final yang dilaksanakan pada tanggal 23 oktober 2022.

            Dalam perlombaan LKTIN APOTEMA 2022 ini, terdapat 4 sub tema karya tulis diantaranya Relisiensi Matematika Sebagai Pemulihan Ekonomi, Implementasi Sosial Agama Sebagai Landasan Belajar Matematika, Meningkatkan Kualitas Pendidikan Matematika Pasca Pandemi, dan Perkembangan Teknologi Sebagai Langkah Inovasi dalam Pendidikan Matematika. 4 sub tema ini mengacu pada ekonomi, sosial agama, pendidikan, dan teknologi.

            Seluruh rangkaian acara LKTIN 2022 ini berjalan dengan lancar. Banyak sekali partisipasi dari berbagai sekolah tingkat sekolah menengah yang mengikuti acara ini. Para peserta sangat bersemangat dalam perlombaan karya tulis ini. Semoga acara LKTIN ini terus dapat dilaksanakan kedepannya pada tahun-tahun berikutnya. Matematika Jaya untuk Indonesia!

Categories:

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *